Archives for category: Pemrograman

Udah lama sekali ya tidak posting dimari :D. Posting juga isinya masalah asistensi praktikum, hem…

maka dari itu mumpung masih semangat posting jadi saya sempatkan posting kembali meskipun di waktu-waktu yang lumayan sibuk ini. oke, disini saya gak akan membahas gimana sih install apache2, mysql, dsb di linux. tapi lebih ke arah troubleshoot nya.

mungkin pembaca ada yang mempunyai masalah seperti saya, setelah install web sever (apache, mysql, PHP, phpmyadmin) terjadi kesalahan saat mengakses localhost/phpmyadmin, jadi keluarannya hanya tulisan not found besar.

jadi saya telah menemukan solusi, ini juga bisa pembaca ikuti atau pun tidak. pertama buka terminal lalu buka dua file

pertama : sudo gedit /etc/apache2/apache2.conf

kedua : sudo gedit /etc/phpmyadmin/apache.conf

 

kemudian salin semua isi file kedua dan pindahkan di baris paling akhir file pertama, dan teretet….. berhasil 😀

selamat mencoba, n keep post 😀

Advertisements

mumpung lagi semangat menulis makanya saya beberapa hari ini sering sekali posting. mumpung….

ya coretan kali ini tentang nasib laptopq yang kemarin nyadat. Kebetulan OS nya adalah blankon 6.0 dengan kode Ombilin. biasa lagi semangat 45 untuk ngoprek makanya saya obrak abrik. eh… gak taunya malah modar.

Kemudian pemikiran baru pun muncul, gimana ya kalo saya install linux yang gak berbasis debian(rpm), kan selama ini selalu debian2 saja. sepintas saya melirik CentOs (karena kebetulan punya file ISOnya), setelah itu langsung ngorbit saja. eh gak tau cara install nya sampe2 nyari di oms google gak ketemu2. kebetulan juga temen saya lagi donlot IGN(Igos Nusantara) 2010 yang kebetulan juga rpm base. jadi langsung aja ngorbit.

booting pun berhasil, dan eng ing eng masuk deh liveCD. setelah itu aku double klik icon install eh kok ada masukkan password root ya…??? perasaan belum tak setting. akhirnya cari sana cari sini ketemu juga passwordnya adalah “ign2010”. fiuh baru tau ane.

sekarang pun masih bingung ngopres sana ngoprek sini OS IGN 2010 ini. mudah2an bisa menemukan jalan yang baik. amin.

Untuk format lapresnya ditulis tangan di kertas A4 menggunakan bolpoin warna biru. Urutannya seperti berikut

1. Cover menggunakan kertas warna biru formatnya bisa download disini

2. Bab I Pendahuluan, berisi latar belakang dan tujuan

3. Bab II implementasi, jika terdapat gambar bisa di print lalu ditempel

4. Bab III Tugas pendahuluan

5. Bab IV Implementasi

6. Bab V Penutup

Dapat tugas mata kuliah SI(Sistem Informasi), eh kelompokku akhirnya mutusin buat toko online(E-Commerse) untuk sistematikanya tiap minggu membuat sub-sub nya. Nah untuk pertemuan pertama ini desain DB(Database) berupa CDM dan PDM.

Aku inget-inget lagi dulu kayaknya pernah tahu dech? Tapi semakin mengingat aku malah semakin lupa. Hehe. Akhirnya langsung aja nanya ke paman Google eh…. dapet dan akhirnya ingat juga. Hehe.

Dalam perancangan database diperlukan langkah-langkah untuk pembuatan desain terlebih dahulu. Pembuatan desain yang dimaksud adalah pembuatan Data Flow Diagram(DFD), Entity Relationship Diagram(ERD), Conseptual Data Model(CDM), dan Physical Data Model(PDM).

Tapi disini akan saya jelaskan tentang CDM dan PDM saja ya? Read the rest of this entry »

Untuk tugas pendahuluan Modul I soal pre-test kemarin.

sedangkan untuk tugas pendahuluan Modul II

1. Apa Manfaat Komentar?

2. Tulislah Cara Menambah Komponen ke Form!

3. Tuliskan cara membaca inputan dari TextField!

Coretan kali ini membahas kembali masalah pemrograman, masih tetep C++ karena masih biasa kuliah menggunakan program ini. Mungkin semester selanjutnya sudah ganti(kalo lulus sich, hehe doain aja yaw).
Program kali adalah program mengurutkan data/angka, kita bisa mengurutkan dari angka terkecil ke yang paling besar(Ascending), atau sebaliknya dari yang terbesar ke yang terkecil(descending).
Langsung saja ke Te Ka Pe:
Read the rest of this entry »

Pada pembahasan-pembahasan sebelumnya, telah dibahas tentang fungsi. Tapi pada saat saya presentasi ada sebuah pertanyaan “Apa saja manfaat menggunakan Fungsi Rekursi?”. Karena saya hanya tahu manfaat fungsi tapi bukan fungsi rekursif saya mencoba menjawabnya. dan jawaban saya adalah “Karena fungsi rekursi ini mirip dengan perulangan, jadi kelebihan/manfaatnya yaitu pada penghematan penulisan listing program jika dibandingkan dengan looping/perulangan”. Read the rest of this entry »

adalah tipe data yang dapat melakukan penyimpanan beberapa data yang saling terkait (seperti Nama, NRP, Alamat), sebagai suatu kesatuan, sehingga data-data tersebut seakan-akan menjadi suatu data tunggal. Pembuatan tipe data baru dalam C dilakukan dengan menggunakan kata kunci struct, yang merupakan kependekan dari structure (struktur).

Syntax :

Struct [<struct type name>]{

[<type><variabel-name[,variabel-name, …]>];

.

.

.

} [<structure variabels>];

Read the rest of this entry »

* File HEADER

Adalah file teks. File ini dapat digabungkan dengan file program pada waktu proses COMPILE dengan menggunakan perintah INCLUDE. Oleh karena itu file ini dikenal juga dengan nama File INCLUDE. Semua file header mempunyai ekstensi .h (singkatan dari header).
Contoh : stdio.h dan conio.h
Read the rest of this entry »

IDENTIFIER

Indentifier adalah nama yang diberikan untuk nama objek, nama fungsi, nama

variable, dll ( sifatnya ‘case sensitive’). Identifier pada C++ terdiri dari :

1. huruf ‘A’ sampai ‘Z’

2. huruf ‘a’ sampai ‘z’

3. underscore ( _ )

4. bilangan antara ‘0’ sampai ‘9’

Ketentuan dalam memberi nama identifier dalah C++ adalah :

1. karakter pertama harus huruf atau underscore

2. untuk compiler Borland, panjang maksimum 32 karakter

3. identifier harus tidak sama dengan keyword yang ada di C++

contoh identifier :

– Yang benar : nilai, Nilai_nama, No8

– Yang salah : 1Buah, nomor-data, if

Read the rest of this entry »