Belakangan ini sedang aktif dalam mengoprek wordpress. Tidak ada alasan khusus, hanya hobi pekerjaan saja sebenarnya. Kali ini saya ingin membagikan tutorial pemasangan wordpress multisite pada ubuntu 14.04 LTS. Perlu diketahui sebelumnya, bahwa pada apache terbaru terdapat beberapa perubahan dan perbedaan. Mungkin sudah banyak yang tahu, beberapa diantaranya folder default untuk menyimpan aplikasi web kita atau sering kita kenal dengan localhost dulu berada pada var/www/ dan sekarang berpindah pada var/www/html saya sendiri sempat kebingungan karena tidak bisa mengakses aplikasi web saya :p.

Oke kita lanjutkan, sebelumnya kalian harus sudah memasang wordpress. Saya tidak akan menjelaskan proses pemasangan wordpres secara panjang kali lebar. Kalian bisa langsung mengunduh wordpress di laman wordpress.org kebetulan penulis menggunakan wordpress versi 4.0.

Tahap pertama Mengatur WordPress

Setelah proses pemasangan selesai. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengaktifkan multisite networking:

sudo gedit /var/www/html/yourweb/wp-config.php

Tambahkan kode berikut diatas kalimat “/* That’s all, stop editing! Happy blogging. */

 /* Multisite */ define('WP_ALLOW_MULTISITE', true); 

Aktifkan Mod_Rewrite Module pada apace:

sudo a2enmod rewrite

Atur virtual host supaya memperbolehkan .htaccess buka file virtual host:

sudo gedit /etc/apache2/apache2.conf

Ubah AllowOveride menjadi All seperti pada contoh dibawah:

<Directory /var/www/>
    Options Indexes FollowSymLinks
    AllowOverride <strong>All</strong>
    Require all granted
</Directory>

Restart apache

sudo service apache2 restart

Tahap kedua pengaturan Multisite WordPress

Kemudian masuk ke laman wordpress yang sudah terpasang. Pada menu Tools terdapat menu tambahan yakni menu Network Setup seperti bisa dilihat pada gambar dibawah

Network Setup

Gambar menu baru yang muncul

Setalah memilih menu Network Setup maka akan muncul tampilan seperti berikut

Tampilan Network SetupGambar tampilan Network Setup

Isikan data sesuai keinginan, setelah terisi lanjutkan dengan menekan tombol install atau pasang. Untuk selanjutnya kita akan diarahkan pada sebuah halaman yang berisi kode wp-config.php dan .htaccess

Create NetworkGambar Halaman Create Network

Pertama buka file wp-config.php seperti pada langkah di awal tadi. Kemudian salin kode pertama pada baris sebelum kalimat “/* That’s all, stop editing! Happy blogging. */“.

Lakukan hal yang sama pada file .htaccess

sudo nano /var/www/html/yourweb/.htaccess

salin semua kode dan tempel pada file .htaccess tersebut. Setelah itu kembali ke laman web wordpress dan segarkan halaman. Jika benar maka akan muncul seperti tampilan pada gambar:

Menu Baru Menu baru Multisite Network

 Tahap ketiga membuat Multisite WordPress

 Tahap paling akhir adalah tahap pembuatan multisite pada wordpress itu sendiri. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke laman site pada menu My Site >> Network Admin >> Site >> Add New. Menu tersebut bisa di pilih melalu menu yang ada pada bar atas.

Tambahkan SitusGambar laman penambahan situs

Isikan data sesui kolom yang ada. Setelah semua terisi tekan tombol Add Site dan taraa wordpress anda sudah multisite :D. Pengaksesan laman bisa melalu menu My Site atau juga bisa melalu localhost/yourweb/site dengan ketentuan site merupakan apa yang sudah anda isi seperti gambar diatas.

Terima kasih sudah mampir dan Semangat terus untuk berbagi 😀

Advertisements