Sebelumnya ane ucapin selamat ulang tahun yang ke-2 buat teman-teman plat-m komunitas blogger nak-kanak madura pada 23 Desember 2011 kemaren. Pada HUT yang ke-2 ini plat-m mengadakan serangkaian acara-acara yang menarik. Acara yang diberi tema “Memperkaya Konten Positif Tentang Madura” ini membahas banyak hal tentang madura.

Karapan Sapi

Karapan Sapi

Β Sumber gambar : tentangmadura.com

OTEMA (Obrolan Tentang Madura)

OTEMA atau Obrolan Tentang Madura,Β merupakan upayateman-teman plat-m dalam mengenalkan madura ke dunia. Sebelumnya teman-teman plat-m sudah mengenalkan tentang carok yang kebetulan saya gak bisa ikut. Sedangkan untuk ulang tahun yang ke-2 ini otema yang diangkat yakni tentang Karapan Sapi. Memang teman-teman plat-m memiliki visi dan misi (bisa dibilang begitu) untuk menduniakan madura melalui konten-konten positif. Nah Otema merupakan langkah teman-teman dalam memperkaya konton positif tentang madura.

Sesi pertama diisi oleh salah satu pemateri yakni mas Ery Setiyawan Jullev yang membahas tentang peta madura berbasis android, Aplikasi ini memungkinkan seseorang (yang punya HP android pastinya :p) melihat peta madura, seperti jarak SPBU terdekap, masjid, dan lain-lain. Awalnya ide untuk membuat aplikasi iniΒ  timbul saat nyasar di madura :D, saat itu mas erik (red) melakukan perjalan ke daerah madura dan nyasar, dalam keadaan tersebut bar bahan bakarnya tinggal satu bar lalu terpintas di pikirannya kalo kayak gini ada aplikasi peta yang memudahkan orang kesasar kayak saya gini pasti enak. dan akhirnya di aplikasikan oleh beliau :D. Untuk materi kedua diisi dengan Otema (Obrolan Tentang madura) yang mana mengangkat tema tentang Karapan Sapi. Untuk lebih jelasnya tentang Karapan Sapi, berikut ini sedikit ulasan saya πŸ˜€

Sejarah Singkat Madura

Oke gak panjang kali lebar lagi disini saya akan lebih membahas tentang Karapan Sapi, dimana saat acara tersebut materi tentang karapan sapi disampaikan oleh salah satubudayawan madura yakni bpk. Hidrochin Sabaruddin. Sebelum membahas karapan sapi, beliau membahas tentang sejarah madura terlebih dahulu. Madura sendiri awalnya merupakan sebuah gunung dimana sekarang dikenal dengan gunung geger. Sedangkan daerah sekitarnya dulunya masih berupa laut. Di gunung geger tersebut manusia pertama menginjakkan kaki dan hidup disana. Nyai Midorogung namanya. Tadi juga sempat dengar bahwasanya kerajaan pertama madura itu di Sumenep lho.

Sejarah Karapan Sapi

Kata karapan sapi sendiri berasal dari kata madura kerrap yang dalam bahasa indonesia merupakan berpacu, jadi secara bebas karapan sapi sendiri merupakan perlombaan yang memacu sapeh (sapi dalam bahasa madura). selain itu banyak sekali istilah-istilah bahasa madura dalam karapan sapi seperti Pangono yang merupakan tonjolan yang ada diatas punggung sapi (kalo bahasa indonesianya apa ya? :p). Kemudian ada istilah pangdalem yakni sapi yang sebelah kiri, dan pangluar untuk sapi sebelah kanan. dan masih banyak lagi.

Jujur saya sendiri meskipun sudah hampir 3 tahun dimadura tapi belum sekali pun melihat karapan sapi T_T. sebenarnya ingin sekali melihat namun kurang tahu juga kenapa kok gak kesampaian :p. Kembali ke permasalahan, ngomongin soal sejarah menurut bapak hidrochin sendiri di tahun 70an pernah ada sapi yang terkenal akan kecepatannya, kalo tidak salah namanya (sapi aja punya nama :p) sebellis.

Tentang Karapan Sapi

Oke setelah mengerti sejarah dan pengertian dari karapan sapi, kali ini saya akan memberikan sedikit gambaran beberapa pelombaan resmi dan non-resmi. Mulai dari perlombaan tingkat kecamatan sampai tingkat nasional pun ada. Sangking banyaknya saya pun sampai lupa :p. namun saya mengingat ada satu perlombaan yang namanya “Kerap Onjengan” ini merupakan karapan sapi undangan dimana hanya untuk undangan saja dan biasanya dilaksanakan pada hari-hari tertentu.

Selanjutnya ada Kerrap Kene’ kalo tidak salah karapan sapi ini merupakan karapan sapi tingkat kecamatan, sedangkan Kerrap Rajhe merupakan karapan sapi tingkat kabupaten,selain itu ada satu acara yang bergengsi juga yakni Piala Presiden, untuk piala presiden ini bisa saya katakan sebagai acara puncak dimana dilaksanakan oleh 4 kabupaten madura Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Dari keempat kabupaten tersebut mengirimkan 4 delegasinya (kurang tahu sistem di tiap kabupaten) untuk melakukan perlombaan di Pamekasan.

Menduniakan Madura dengan Karapan Sapi

Banyak sekali hal disekitar kita yang positif, apalagi kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Madura merupakan sebuah pulau yang luar biasa menurut saya. banyak hal yang bisa di gali disana. Mulai dari kuliner, tempat wisata, sampai budaya. Sebagai blogger memperkaya konten positif merupakan langkah yang baik guna mengenalkan daerah sendiri (versi ane :D). Karapan sapi merupakan budaya madura yang memiliki ciri khas dan istemawa. Sudah banyak sekali budaya kita yang dicuri tetangga lho. jangan sampai yang satu ini dicuri juga (ane gak rela gan meskipun belum pernah liat langsung :p). dengan adanya tulisan saya yang berjudul Lebih Mengenal Karapan Sapi di HUT Plat-M ke-2 ini lebih menduniakan madura.

Plat-M sendiri mengadakan lomba semi SEO yang bertemakan Karapan Sapi, inilah salah satu cara teman-teman Plat-M dalam menduniakan madura. Berbeda dengan saya yang membuat artikel ini :D. Artikel ini merupakan sedikit gerakan dalam menduniakan madura. Dengan mengadakan lomba mini SEO dengan tema Karapan Sapi, plat-m telah membuat sebuah gerakan yang mampu memperkaya konten positif tentang otema maupun madura sendiri. Karena itu artikel ini saya dedikasikan untuk menduniakan madura serta mengikuti lomba mini SEO plat-m :P. Terima kasih plat-m.com, bloggernusantara.com, idblognetwork.com

Advertisements